Sabtu, 19 Mei 2018

KH ACHMAD MUZAKKI SYAH [KEGIATAN ISTIQOMAH BERSAMA KH ACHMAD MUZAKKI SYAH SELAMA BULAN RAMADHAN]


KITA MULAI JAM 12 SIANG.

Azan dhuhur, dilanjutkan, pujian Ya Arhamarrohimin hingg kiai hadir. iqomah dan sholat dhuhur berjamaah yang dipimpin langsung oleh KH Achmad Muzakki Syah dan dilanjutkan dengan dzikir dan doa. Setelah itu dimulailah Manaqib yang dimulai dengan Hadiah Fatihah-Fatihah dan dilanjutkan Manaqib hingga selesai [kadang-kadang Kiai Muzakki memberikan secercah nasihat untuk memotivasi beribadah di bulan ramadhan, terutama fadilah mendapatkan lailatul qodar], setelah selesai, Kiai salaman dengan para santri dan Jama'ah yang dilanjutkan santri diajak pindah tempat ke ndalem Kiai untuk membaca Yasin Fadilah 3 kali yang diawali dengan Hadiah fatihah dan doa untuk orang islam sedunia dan juga memotivasi santri dan jamaah untuk selalu beribadah di bulan ramadhan secara singkat. Setelah acara selesai, semuanya keluar dari ndalem dan istirahat hingga menjelang asyar.

Dilanjutkan adzan asyar dan dilanjutkan shalat berjamaah dengan Kiai Muzakki atau putra-putra beliau yang siap mewakili menjadi imam dan dilanjutkan dengan shalat berjamaah asyar dan dzikir-dzikir.

Setelah Jamaah santri mengaji Kitab yang telah ditentukan oleh Pengurus Pesantren hingga jam lima kurang seperempat dilanjutkan santri dan jamaah yang ada, ke ndalem kiai untuk mengambil nasi piringan gratis untuk berbuka puasa. dan dilanjutkan shalat berjamaah shalat maghrib.

Dilanjutkan dengan para santri membaca Al-Qu'ran yang sebelumnya sudah didawuhi oleh Kiai agar para santri dan jama'ah termotivasi untuk mengkhatamkan Al-Qur'an minimal 1 kali khatam selama bulan ramadhan, kalau bisa tiga kali khatam atau lebih. Lebih banyak lebih baik untuk menyambut datangnya lailatul qodar. karena lailatul qodar itu datang hanya untuk orang-orang yang serius mengisi bulan ramadhan ini dengan penuh ibadah lillahi ta'ala. bukan yang lain.

Dilanjutkan Jamaah shalat isya' dan sekaligus jamaa'ah shalat tarawih yang dipimpin oleh Kiai hingga dua minggu dan setelah itu biasanya Kiai menyerahkan ke putra-putra dan menantu beliau.

Selesai shalat tarawah istirahat beberapa menit. kurang lebih 15 menit sambil salah satu santri mendangkan Syi'ir PADANG BULAN dan diikuti oleh seluruh santri dan jamaah dan dilanjutkan dengan Pengajian Tafsir Jalalain atau Tafsir Ibriz oleh KH Achmad Muzakki Syah hingga jam 9 malam.

Setelah itu para santri kembali ke wilayah masing-masing untuk menerima kembali pengajian kitab dari para Ustad-ustadzah hingga jam 10 malam. dan untuk para jamaah bisa leyeh-leyeh [santai] di depan masjid dan di kantin sambil ngobrol dan minum kopi dll hingga jam setengah 12 malam.

Setengah 12 malam sudah ramai orang-orang hadir memadati area halaman pesantren Al-Qodiri untuk persiapan manaqib malam bersama Kiai, shalat Lailatul Qodar dll.

Tepat Jam 12 malam, lantunan Ya Arhamarrohimin berkumandang di atas Masjid Walisongo dan para jamaah dan santri sibuk persiapan wudhu dll di kamar mandi.

sekitar 15 kemudian Kiai datang dan langsung berdiri seluruh jamaah dan santri yang dilanjutkan dengan:
1. Shalat Hajat
2. Shalat Lailatul Qodar
3. Dzikir Manaqib hingga kurang lebih Jam 2 dini hari

Selesai Manaqib seluruh santri kembali ke wilayah untuk persiapan santap sahur. dan para jamaah dari luar menuju ke ndalem Kiai untuk santap sahur yang telah disiapkan khusus untuk jamaah. dan ini gratis tanpa biaya.

Setelah itu santri-santri dan para jamaah kembali ke masjid untuk mengaji Al-Qur'an hingga adzan Subuh. Azan subuh Jama'ah yang dipimpin oleh Kiai dan dilanjutkan pengajian Kitab Kuning oleh KH Umar Syaifuddin,SE,S.Pd.MM hingga menjelang jam 6 pagi.

Jam 6 pagi santri-santri yang sekolah persiapan berangkat sekolah, dan yang lain, yang tidak punya kewajiban sekolah pagi, ada yang istirahat [tidur], ada yang ngaji Al-Qur'an dan juga ada yang mencuci baju dll. hingga menjelang adzan dhuhur.

Itulah Gambaran sekilas tentang Kegiatan Istiqomah bersama Kiai Muzakki selama bulan Ramadhan.

Anda ingin membuktikannya? silahkan datang ke pesantren Al-Qodiri 1 Jember.

Wallahu a'lam. 


EmoticonEmoticon