Selasa, 22 Mei 2018

KH ACHMAD MUZAKKI SYAH [HASIL PENELITIAN DALAM BUKU NAPAK TILAS KEPEMIMPINAN KH ACHMAD MUZAKKI SYAH]


Hasil Penelitian dari saudara Drs. M. Walid, M.Pd.I, dalam sebuah buku karangannya yang berjudul NAPAK TILAS KEPEMIMPINAN KH ACHMAD MUZAKKI SYAH, ia mengatakan:

Tipe kepemimpinan KH. Achmad Muzakki Syah bersifat unik dan khas, selain sebagai pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember, KH Achmad Muzakki Syah juga seorang pemimpin jamaah manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani RA dan jama'ah yang cukup banyak.

Dalam praktek kepemimpinannya, KH. Achmad Muzakki Syah mengedepankan cinta [hubb] dan barakah serta mengolaborasikan tipologi kepemimpinan Kharismatis dan Demokratis. Tipe Kepemimpinan Kharismatis ditonjolkan melalui uswah hasanah dan istiqomah dalam melakukan amalan-amalan doa dan dzikir dalam jama'ah manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani RA. Sedangkan sebagai kiai dengan tipe kepemimpinan demokratis, dalam prakteknya melalui pola shared leadership, yaitu pola kepemimpinan kolektif dalam bentuk yayasan pengurus pesantren dan kepala lembaga pendidikan formal. Disamping itu, untuk persoalan prinsip yang menyangkut visi dan misi pesantren KH. Achmad Muzakki Syah menerapkan tipe kepemimpinan otokratis.

Pengaruh kepemimpinan KH. Achmad Muzakki Syah dapat dilihat melalui hal-hal sebagai berikut:
a. Meningkatnya jumlah santri dari tahun ke tahun. Dari awal berdirinya, tahun 1976 sebanyak  9 santri dan dari tahun ketahun semakin bertambah. Demikian pula lembaga pendidikan formalnya dari mulai Taman Kanak-kanak, Sekolah dasar, madrasah tsanawiyah, madrasah Aliyah, bahkan sejak 2001 sudah berdiri Perguruan Tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri [STAIQOD] yang pada tahun 2018 ini insyaallah akan berubah menjadi Institut.

b. Pengaruh dikalangan masyarakat dapat dilihat dari masyarakat petani, pedagang, pejabat mulai bupati, gubernur bahkan sampai pada jajaran menteri dan Presiden datang ke pesantren Al-Qodiri dengan maksud yang beragam, mulai dari keinginan agar panennya sukses, bisnisnya berkembang. Semua dengan keyakinan yang mantap, bahwa melalui do'a dan dzikir pada manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani RA yang dipimpin oleh KH Achmad Muzakki Syah, Allah berkenan mengabulkan semua maksud dan cita-cita mereka.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan KH Achmad Muzakki Syah diantaranya adalah: faktor Istiqomah, faktor Asasul Khomsah, faktor cinta dan kesabaran, dan faktor keistimewaan atau karomah. 


EmoticonEmoticon